Cara Mengetahui Blog / Artikel Terkena Google Sandbox


Google sandbox (kotak pasir) adalah sebuah hukuman bagi para blogger yang melanggar TOS google, bertindak spammer, mencurigakan, optimasi berlebihan dan lain sebagainya, hukuman ini berupa ditempatkannya satu atau lebih artikel kedalam kotak pasir, atau sama saja tidak diindex dalam pencarian search engine.

Pada kesemapatan ini infoloper akan share tentang cara mengetahui artikel yang terkena google sandbox, namun sebelum menvonis artikel/blog terkena google sandbox, perhatikan 4 berikut ini :
  1. Pastikan blog anda bukan blog yang baru, karena biasanya blog yang baru artikelnya akan lebih sulit terindex daripada blog yang sudah lama, jadi jika blog anda merupakan blog yang baru sudah dapat diprediksi bahwa artikel anda tidak terjebak dalam google sandbox melainkan karena blog anda yang baru yang membutuhkan perkenalan dengan search engine.
  2. Pastikan anda sudah mensubmit blog dan sitemap ke google web master tool, karena jika belum submit sitemap akan memperlama masa pengindexan blog anda. Jadi artikel blog anda juga tidak terkena google sandbox, melainkan karena belum mensubmit blog kegoogle webmaster tool, untuk caranya dapat anda cari di google search.
  3. Pastikan juga blog anda tidak sehabis ganti template, judul dan deskripsi, karena jika blog anda sehabis ganti salah satu dari ketiga hal tersebut, google membutuhkan waktu untuk berkenalan (mengcrawl) blog anda lagi, dan untuk memperbaiki blog anda pada hasil pencarian.
  4. Pastikan juga waktu saat mempublish artikel tersebut sudah lebih dari 2 hari.
Jika artikel anda bukan karena ke empat hal diatas, dapat diprediksi artikel/blog anda terjebak didalam google sandbox, berikut ini cara mengetahui artikel yang terkena google sandbox, :
Cara yang pertama :
  • Copy alamat / url artikel yang dicurigai terkena google sandbox, atau artikel yang ingin anda tes
  • Pastekan kedalam kotak pencarian search engine google
  • Jika artikel anda tidak muncul maka dapat dicurigai terjebak dalam google sandbox, dan jika muncul maka artikel anda tidak ada masalah apa apa.
Cara yang kedua :
  • Langkah pertama silahkan masuk ke sini
  • Masukan alamat blog anda
  • Isi keyword anda
  • Isi Captha dan terakhir klik submit
Jika nanti hasilnya Your site not in google sandbox ber arti blog anda tidak terjebak dalam  lautan pasir mbah google, namun jika hasilnya Your site is still in google sandbox. Contactsupport@searchenginegenie.com to get you out of sandbox berarti blog anda terkena google sandbox. Solusinya hentikan semua tindakan spammer, optimasi seo yang berlebihan, perbaiki konten dengan memeeriksa apakah ada yang salah seperti broken link, mengandung sara, dan lainsebagainya serta sedikit demi sedikit berilah backlink berkualitas ke artikel yang terjebak dalam lautan pasir google.
Demikian artikel cara mengetahui artikel terkena google sandbox, semoga bermanfaat.

4 Responses to "Cara Mengetahui Blog / Artikel Terkena Google Sandbox"

*Gunakanlah bahasa yang sopan
*Komentar harus Sesuai dengan Topik
*Dilarang menaruh link aktif, karena akan dianggap SPAM